Keberhasilan Liga Primer Inggris menjadi sebuah industri yang mampu menghasilkan ratusan juta atau bahkan milyaran poundsterling per tahun tentu menjadi berkah tersendiri bagi 20 klub yang berkompetisi di liga tersebut.

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh klub peserta Liga Primer tiap musimnya adalah prize money alias uang hadiah.

Sesuai namanya, prize money merupakan uang hadiah yang diterima setiap klub di akhir musim. Berasal dari beberapa sumber, yakni merit money (uang hadiah berdasarkan peringkat akhir), facility fee (uang hadiah berdasarkan jumlah penampilan di televisi), dan yang paling besar tentu saja adalah equal share TV alias hak siar televisi (dalam maupun luar negeri).

Dalam beberapa musim terakhir, jumlah uang hadiah yang diterima tiap klub EPL bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta poundsterling. Karena jumlahnya yang fantastis, prize money bisa menjadi sumber pemasukan utama klub di samping penjualan tiket, merchandise, transfer pemain, dan sponsor. .

Kampiun Liga Primer Chelsea muncul sebagai pengoleksi terbanyak prize money di musim 2016/17 dengan £151 juta. Jumlah ini meningkat 50 persen dari sang “pemenang” uang hadiah di musim lalu, yakni Arsenal (£100 juta),

Bahkan, tim juru kunci Sunderland mampu mengoleksi £93 juta alias hanya berselisih £7 juta dari yang diraih Arsenal di musim lalu. Menariknya, hanya ada tiga klub di musim ini yang gagal menembus uang hadiah £100 juta: Sunderland, Middlesbrough, dan Hull City – yang semuanya terdegradasi.

Adapun penghuni enam besar mampu mengoleksi uang hadiah minimal £140 juta. Jika digabung, seluruh klub EPL di musim ini mampu mengumulkan uang hadiah £2,4 milyar. Jumlah ini meningkat sekitar £800 juta dari total prize money di EPL 2015/16 (£1,6 milyar).

Dari musim ke musim, prize money di EPL memang cenderung meningkat. Untuk perbandingan yang lebih kontras, uang hadiah Chelsea di musim ini berjarak £149 juta dari uang hadiah Manchester United di musim 1992/93. Di musim itu, yang menandai musim pertama era Liga Primer, United besutan Sir Alex Ferguson hanya mengoleksi uang hadiah senilai £2,4 jutaDi musim ini, United harus puas menjadi pengoleksi uang hadiah terbanyak kelima (£141 juta), namun Setan Merah masih menjadi klub dengan pengoleksi uang hadiah terbanyak sepanjang masa. Selama 25 musim berpartisipasi di Liga Primer, jumlah uang hadiah United telah menembus angka £1,01 miliar.

Pada akhirnya, semakin melesatnya jumlah uang hadiah di EPL dari tahun ke tahun tidak selalu berdampak positif. Beberapa dampak negatif di antaranya adalah banderol pemain yang semakin tidak masuk akal hingga kecenderungan klub-klub Inggris untuk lebih mementingkan hasil di liga domestik ketimbang di kompetisi Eropa lantaran prize money EPL yang lebih menggiurkan.