Hasil Liga Eropa 2016-2017 – Kemenangan Manchester United dua gol tanpa balas versus Ajax Amsterdam dalam partai final di Stockholm, Kamis (25/5) dini hari WIB, mengonfirmasikan Manchester United sebagai kampiun Liga Europa musim ini.

Beragam rekor lahir seturut pencapaian tersebut. United kini bergabung dengan kelompok elite klub yang berhasil menjadi juara di tiga kompetisi mayor Eropa, yaitu Liga Champions, Piala Winners, dan Liga Europa.

Jose Mourinho masuk buku sejarah sebagai pelatih pertama yang meraih trofi Liga Champions dan Liga Europa dua kali. Sebelumnya Mourinho telah menjuarai Piala UEFA, turnamen pendahulu UEL, bersama Porto pada 2003. Ia juga memimpin Os Dragoes menuju tangga juara UCL 2004 sebelum menorehkan prestasi serupa sebagai nakhoda Inter.

Hasil 2-0 berkat gol-gol Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan ini mempertahankan rekor 100 persen Mourinho di final ajang Eropa, yang sekarang telah dilakoninya sebanyak empat kali. Tidak kalah penting, gelar Liga Europa perdana untuk United ini membawa klub menembus Liga Champions 2017/18 meski mereka “hanya” finis keenam di Liga Primer Inggris.

Susunan Pemain

Ajax: Onana; Veltman, Sánchez, de Ligt, Riedewald (De Jong 82); Klaassen, Schöne (De Beek 70), Ziyech; Traore, Dolberg (Neres 62), Younes

MU: Romero, Valencia, Smalling, Blind, Darmian, Herrera, Fellaini, Pogba, Mata (Rooney 88), Mkhitaryan (Lingard 74), Rashford

Hasil Liga Eropa.