Operasi pengangkatan jenazah telah dilakukan menyusul temuan tubuh yang terlihat di puing pesawat nahas yang membawa penyerang Cardiff City tersebut.

Biro Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) tengah berupaya untuk melakukan pengangkatan jenazah korban kecelakaan pesawat yang mengangkut penyerang Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson.

Sebelumnya proses pencarian menggunakan remotely operated vehicle (ROV) berhasil menemukan puing pesawat tersebut di dasar laut dekat Guernsey pada Minggu (3/2) kemarin, yang di dalamnya terdapat satu jenazah yang belum diketahui identitasnya.

Sala sendiri dilaporkan hilang setelah pesawat Piper Malibu yang ia tumpangi mengalami hilang kontak pada 22 Januari, ketika terbang dari Nantes ke Wales setelah merampungkan transfer termahal Cardiff City senilai £15 juta. Pemain asal Argentina itu kembali ke Prancis untuk mengucap selamat tinggal kepada rekan setimnya, dan dalam perjalanan kembali ke Cardiff, pesawat yang ditumpangi sang penyerang bersama sang pilot hilang dari radar di dekat laut Inggris.

Dan setelah berkonsultasi dengan keluarga korban serta polisi, kemudian diputuskan untuk melakukan operasi pengangkatan jenazah dari dasar laut.

Juru bicara AAIB mengatakan: “Kami mencoba untuk mengangkat jenazah tersebut. Jika kami berhasil, kami akan mempertimbangkan untuk mengangkat remukan pesawat.

“Ombak yang kencang membuat kami hanya bisa memakai remotely operated vehicle (ROV) untuk periode yang terbatas setiap harinya dan itu berarti perkembangannya akan berjalan lambat.

“Terlepas hasilnya nanti, kami tidak akan mengeluarkan pernyataan lebih jauh hingga pihak keluarga mendapatkan informasi.”

Sementara itu, pihak keluarga diketahui sudah mengikhlaskan jika kedua korban memang dinyatakan meninggal dalam kecelakaan. Hal itu pun ditegaskan oleh oceanographer bernama David Louis Mearns yang menemukan puing pesawat nahas tersebut.

“Yang terpenting adalah jenazahnya,” kata David. “Mengangkat jenazah [dari dasar laut] adalah hal terpenting untuk kedua keluarga.

“Pesawat itu urusan lain dan itu berkaitan untuk menentukan penyebab dari kecelakaan. Namun dari pihak keluarga korban sudah mengetahui jika keduanya tewas dan yang mereka inginkan adalah jenazah tersebut diangkat dari dasar laut.”