Kompatriot Robertson ini menilai bek Liverpool itu telah berkembang menjadi salah satu bek kiri terbaik di Eropa.

Pemain Stoke City Charlie Adam mengklaim bek Liverpool Andy Robertson sebagai bek kiri terbaik di Eropa dan percaya kapten Skotlandia itu layak dihargai sekitar £70 juta.

Pelan tapi pasti, pemain 24 tahun ini menjelma sebagai salah satu andalan Jurgen Klopp di lini belakang setelah diangkut dari Hull City 18 bulan lalu.

Adam, yang menghabiskan 18 bulan kariernya di Anfield, dalam wawancara baru-baru ini mengatakan, ia mengenali potensi pemain bek sayap ini setelah kenal dia secara personal saat bertugas internasional.

Sang gelandang bahkan sempat membujuk Stoke membuat tawaran untuk Robertson ketika Hull degradasi pada 2017.

“Saya bilang kepada Stoke saat itu kami harus memboyongnya seharga £8 juta – itu murah,” kata Adam.

“Liverpool mampu memenuhi itu kepadanya, dan jika tidak berhasil ini akan menjadi pertaruhan untuk mereka. Berapakah nilai £8 juta itu sekarang? Mungkin £60 juta, £70 juta, untuk seorang bek kiri.

“Ini adil untuknya. Dan hal terbesar untuknya sekarang adalah jika mereka dapat memenangi liga – mereka ada di posisi bagus.

“Jika Liverpool memenangi liga, ia akan menjadi pahlawan yang dipuja. Para pemain menyukainya, fans menyukai dia – Liverpool selalu memiliki tradisi pemain Skotlandia dan satu hal yang mereka selalu suka mengenai mereka adalah bagaimana mereka bekerja keras.

“Kami memiliki usaha paling keras, kami ingin menang, kami memiliki gairah dan mereka memiliki hubungan dengannya dalam hal itu.

“Tapi jangan lupa ia juga pemain berkualitas. Assist-nya, permainan yang ia miliki dengan Sadio Mane fantastis,” imbuh Adam.

“Meski butuh tiga atau empat bulan untuk mendapatkan kesempatan, ia tidak pernah tersingkis dari tim sejak saat itu.

“Ia bek kiri terbaik di liga, mungkin bek kiri terbaik di Liga Champions juga. Ia membuktikan, bukan di mana Anda memulai karier Anda yang penting, tapi di mana Anda mengakhirinya.”