Kemenangan besar yang dibukukan India 4-1 atas Thailand dalam laga perdana mereka di Grup A gelaran Piala Asia 2019 di Abu Dhabi, Minggu (6/1) menuai pujian dari Jo Paul Ancheri.

The Tigers mengunci kemenangan berkat sepasang gol kapten Sunil Chhetri, yang salah satunya melalui titik putih, serta aksi Anirudh Thapa dan Jeje Lalpekhlua.

Ancheri, selaku mantan penggawa internasional India, melihat adanya perkembangan skuat yang saat ini dilatih juru taktik asal Inggris, Stephen Constantine dengan mampu meraih kemenangan pertama sekaligus dengan skor terbesar dalam sejarah mereka di Piala Asia sejak 1964.

“Sangat bagus menang di Piala Asia setelah beberapa tahun lamanya. Kami tak bisa menang bahkan terakhir kali [pada 2011]. Kali ini, kami memenangkan laga pertama. Performa tim luar biasa, rasa pemahaman dan kerja tim bekerja sempurna,” ungkap Ancheri kepada Goal.

“Constantine memainkan 4-2-3-1 dalam beberapa laga uji coba dan India tampil bertahan. Tapi lawan Thailand, tim bermain menyerang dan kami mencetak gol. Pengaruh permainan Ashique [Kuruniyan] menghasilkan penalti.”

Ancheri meyakini bahwa India datang ke Piala Asia tahun ini di Uni Emirat Arab (UEA) dengan modal kepercayaan diri tinggi setelah bermain lawan tim-tim berperingkat FIFA lebih tinggi. Dalam persiapannya, India pernah menahan imbang raksasa Asia, Tiongkok tanpa gol dan sukses mempertahankan posisi dalam 100 besar ranking FIFA.

“India bermain bagus lawan tim-tim berperingkat lebih tinggi dan itu memberi mereka kepercayaan diri untuk menyiapkan laga lawan Thailand. Tim terlihat sangat percaya diri. Bukan hal mudah untuk menang 4-1 lawan tim seperti Thailand,” tukasnya.