Pelatih asal Portugal ini didakwa melakukan penggelapan pajak pada 2011 dan 2012 saat masih menukangi Real Madrid. Bos Manchester United Jose Mourinho dijatuhi hukuman penjara satu tahun terkait kasus penggelapan pajak dari masa kerjanya di Spanyol.

Pelatih asal Portugal ini didakwa menghindari kewajiban membayar pajak sekitar €3,3 juta dari pendapatan image rights pada 2011 dan 2012, manakala ia masih menukangi Real Madrid.

Mourinho dituding menggunakan perusahaan-perusahaan di Irlandia, Kepulauan Virgin Britania Raya, dan Selandia Baru untuk menutupi pemasukannya saat itu.

Menurut warta El Mundo, Mourinho akhirnya mencapai kesepakatan dengan otoritas pajak Spanyol dan menerima vonis penjara dua kali enam bulan dari masing-masing tahun dirinya melakukan praktik ilegal tersebut.

Mantan arsitek Inter Milan ini juga mesti membayar denda €2 juta.

Terlepas dari hukuman yang dikenakan kepadanya, Mourinho tidak harus mendekam di balik jeruji besi. Hukum di Spanyol menyatakan vonis di bawah dua tahun untuk pelanggaran pertama bisa dijalankan dalam masa percobaan.

Pihak berwenang Spanyol memang tengah giat-giatnya mengusut kasus penggelapan pajak. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Alexis Sanchez, dan Javier Mascherano adalah deretan pesepakbola top yang sebelumnya tersangkut skandal serupa.