Zinedine Zidane sudah mengambil keputusan untuk meninggalkan Real Madrid. Pelatih asal Prancis itu mundur setelah mengantarkan Los Blancos menjuarai Liga Champions kali ketiga secara beruntun.

Zidane mengambil alih Madrid dari tangan Rafael Benitez pada Januari 2016. Sejak saat itu ia telah berhasil mempersembahkan sembilan trofi bagi Madrid.

Kepergian Zidane tentu saja merupakan pukulan telak buat Madrid. Namun, kini mereka harus mencari pelatih baru untuk menggantikan Zidane.

Berikut ini lima calon pelatih pengganti Zidane di Madrid.

 

Antonio Conte

Masa depan Antonio Conte di Chelsea diragukan. Manajemen klub dan fans sudah tidak senang dengan Conte dan dia hampir pasti akan diganti pada musim panas ini.

Pria asal Italia itu adalah pelatih yang brilian dan bisa melakukan hal-hal luar biasa jika mendapat dukungan penuh. Real Madrid punya pemain yang dia butuhkan dan akan mendapatkan apa yang dimintanya.

Gaya sepakbola Conte bisa menyesuaikan dan tidak akan bertahan seperti pada tahun keduanya di Chelsea. Formasi 3-5-2 bisa memberikan keajaiban di Santiago Bernabeu dan membawa sepakbola yang indah bersama dengan trofi.

 

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino sudah dikaitkan dengan Real Madrid sejak lama. Dia melakukan pekerjaan yang bagus di Tottenham meski belum berhasil memenangkan trofi.

Madrid bisa mewujudkan hal itu dengan memberinya sumber daya yang tepat dan kesempatan di Santiago Bernabeu. Pochettino saja menandatangani kontrak baru dengan Spurs tapi semua bisa terjadi di era sepakbola modern ini.

Spurs juga bisa menggunakannya sebagai cara untuk mendapatkan uang lebih banyak dari Madrid. Pochettino tidak menyukai Barcelona sehingga kedatangannya akan disambut dengan baik oleh pendukung Los Blancos.

 

Arsene Wenger

Real Madrid sudah mengejar Arsene Wenger selama bertahun-tahun. Wenger selalu menolak pendekatan dari Madrid dan ini mungkin saat yang tepat bagi sang manajer untuk akhirnya bisa datang ke sana.

Wenger meninggalkan Arsenal setelah 22 tahun dan sekarang tidak punya klub. Real Madrid mungkin mau sedikit berjudi dan memberinya kesempatan, setidaknya untuk satu tahun. Mereka pernah mengangkat Rafa Benitez dan ini tidak akan menjadi perjudian besar.

Wenger suka dengan sepak bola menyerang dan Madrid punya skuat yang fantastis. Selama dia tidak mendatangkan pemain dari Arsenal, Madridistas akan baik-baik saja dengan Wenger.

 

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri masih terikat kontrak dengan Napoli meski mereka sudah menunjuk Carlo Ancelotti. Namun, mereka sedang mencari jalan untuk menyelesaikan sengketa kontraknya secara damai.

Dengan sumber daya yang terbatas di Napoli, Sarri bisa menampilkan sepakbola yang brilian dan menjadi pesaing Juventus di Serie A. Dia menyelesaikan musim dengan torehan 91 poin tetapi sayangnya, Juve hanya sedikit lebih baik daripada timnya.

Sudah saatnya Real Madrid mengadopsi filosofi dan percaya pada seorang manajer. Sarri bisa menjadi jawaban dan Madridistas akan mencintainya di dalam dan di luar lapangan.

 

Luis Enrique

Mantan pemain yang bisa digantikan oleh mantan lainnya. Gaya sepakbola Luis Enrique akan cocok untuk Madrid dan pengangkatannya akan menjadi kejutan besar.

Barcelona menggantikan Enrique dengan Ernesto Valverde pada musim panas lalu karena para fans sudah tidak senang dengan sang pelatih. Dia memiliki kemampuan untuk membimbing Real Madrid meraih kesuksesan di La Liga tetapi rekornya di Liga Champions mungkin sedikit mengkhawatirkan.

Enrique memenangkan treble bersama Barcelona pada 2014/15 tapi itu adalah pencapaian terbaiknya di kompetisi Eropa. Tetapi dengan raihan 13 trofi, mungkin saatnya bagi Madrid untuk mengalihkan fokus kepada Enrique.