Kenny Prasetyo berlaga dengan para gamers dunia lain memperebutkan tiket ke kualifikasi FIFA eWorld Cup 2018.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia akan mengirim wakil ke kualifikasi EA Sports FIFA 18 Global Series, yaitu Kenny Prasetyo, yang lolos melalui jalur ranking global di Playstation 4 dan Xbox One.

Kenny masuk daftar 128 besar ranking global di kedua konsol setelah bersaing dengan jutaan pengguna dari seluruh dunia, sehingga berhak mewakili Indonesia pada ajang FUT Champions Cup 2 di Manchester, Inggris, 13-15 April mendatang.

Ajang ini memberikan hadiah senilai total US$200 ribu. Pemain yang menjadi juara akan meraup uang tunai sebesar USD$22 ribu atau kira-kira setara Rp280 juta. Sementara, peserta yang masuk delapan besar dari ajang ini akan mendapatkan tiket ke Global Series Play-Offs, yang memperebutkan tiket prestisius menuju FIFA eWorld Cup 2018.

Kenny bakal berkolaborasi di bawah nama tim FREAK demi mendapat prestasi tertinggi sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui eSports.

“Keberangkatan ini menandakan bahwa eSports Indonesia layak diperhitungkan di dunia, terutama game EA Sports FIFA 18. Semoga langkah awal kami bisa berbuah manis bagi kemajuan e-Sports tanah air,” ujar manajer FREAK, Rizki Darmawan, yang ikut berangkat mendampingi Kenny di Manchester.

“Semoga pula akan makin bersemangat dan yakin bahwa mereka bisa sejajar dengan gamers dunia.”

Cabang olahraga eSports sendiri telah mengalami perkembangan sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun Indonesia bisa dibilang masih cukup tertinggal dengan negara-negara lain.

Di TIongkok, jumlah potensi penghasilan di eSports sudah mencapai lebih dari $50 juta per tahun (tertinggi di dunia), sementara Indonesia masih menyentuh angka $57 ribu per tahun atau sekitar Rp740 juta (nomor 64 di dunia).

Jika Kenny berhasil membuktikan gamers di Indonesia tidak boleh diremehkan oleh gamers negara lain, bukan tidak mungkin perkembangan eSports di Nusantara berjalan lebih cepat lagi.

“Peluang Kenny masih terbuka lebar. Kini Kenny fokus untuk menghadapi lawannya dimulai dari Jumat nanti,” sambung Rizki.

“Doakan kami menang dan bisa mengharumkan nama bangsa melalui eSports.”

https://www.instagram.com/p/BhT3l2OhHpF/?hl=en&taken-by=kennyprasetyo