Manajer asal Portugal ini kini terikat di Old Trafford paling tidak hingga 2020.

Manchester United mengumumkan manajer Jose Mourinho telah menandatangani kontrak baru yang membuatnya terikat dengan klub setidaknya hingga dua tahun mendatang, disertai opsi tambahan semusim lebih lama.

Konfirmasi perpanjangan masa dinas sang pelatih di Old Trafford ini hanya berjarak tiga hari dari pengumuman kedatangan Alexis Sanchez dari Arsenal melalui transfer barter langsung dengan Henrikh Mkhitaryan.

Meski United tengah tertinggal jauh 12 poin dari Manchester City di puncak klasemen Liga Primer Inggris, hierarki klub puas dengan kinerja Mourinho yang mempersembahkan tiga trofi pada kampanye debutnya musim lalu. Pria Portugal itu memimpin pasukannya merebut gelar Community Shield, Piala Liga, plus titel Liga Europa pertama sepanjang sejarah Red Devils.

“Jose telah mencapai banyak hal sebagai manajer Manchester United dan saya senang ia memperpanjang komitmennya sampai setidaknya 2020. Etos kerja dan profesionalismenya eksepsional dan ia telah mendukung hasrat klub untuk mempromosikan pemain-pemain muda berkualitas top ke tim utama,” ucap Ed Woodward selaku wakil presiden eksekutif United di situs klub.

“Ia membawa energi dan ambisi ke dalam segala hal yang dikerjakannya dan saya yakin dia akan terus mendatangkan hasil-hasil positif untuk fans dan klub ini.”

Mourinho sendiri menuturkan: “Saya merasa amat terhormat dan bangga menjadi manajer Manchester United. Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada para pemilik dan Tn. Woodward untuk pengakuan terhadap kerja keras dan dedikasi saya.”

“Saya senang mereka merasa dan percaya bahwa saya adalah manajer yang tepat untuk klub luar biasa ini untuk beberapa waktu ke depan.”

“Kami telah menetapkan standar sangat tinggi, meraih tiga trofi dalam satu musim, tapi itu adalah standar yang saya harapkan dari tim saya. Kami menciptakan kondisi untuk masa depan yang brilian dan sukses bagi Manchester United.”

“Terima kasih tentu saja saya tujukan kepada staf dan para pemain saya, ini tak akan mungkin terjadi tanpa empati dan persahabatan mereka. Saya mencintai pemain-pemain saya dan senang rasanya mengetahui kami akan terus bersama-sama setidaknya untuk tiga tahun ke depan.”

“Dan saya tak bisa mengakhiri pernyataan ini tanpa berterima kasih kepada fans untuk dukungan mereka dan karena membuat saya langsung merasa di rumah dalam sekejap. Saya ulangi, menjadi manajer Manchester United adalah sebuah kehormatan setiap hari dan saya sangat bahagia.”